SOFTWARE SISITEM OPERASI ANDROID

Sejarah dari Android
Di era globalisasi ini mobilitas masyarakat begitu cepat dan dinamis. Seiring dengan perkembangan teknologi maka kebutuhan akan alat komunikasi yang handal sangatlah diperlukan. Akhirnya berkat perkembangan teknologi sekarang hampir semua HP memakai sistem operasi Android . Hampir semua HP dan gadget lainnya seperti tablet semua tertanam OS Android.

Android adalah suatu suatu sistem operasi atau operating system yang ditanam pada HP jenis smartphone maupun komputer tablet dengan spesifikasi mulai low end hingga high end. Dimana perancangan OS tersebut dalam bentuk touchscreen pada mobile gadget tersebut. Sejak awal diciptakan hingga sekarang perkembangan teknologi Android begitu pesat , bahkan sangat pesat. Hal ini bisata update nya. terlihat dari versi Android yang makin sering diupdate, juga makin banyaknya berbagai aplikasi Android yang hampir setiap waktu bermunculan beserta update nya.

Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular. Pada awalnya Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun 2005.
Saat itu Smartphone yang tersedia untuk publik pertama kalinya yang memakai OS Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Bagi yang belum mengerti pasti akan mengira bahwa HP pertama kali adalah HP Android Samsung .

B. Berikut perkembangan versi Andorid sejak diciptakan hingga sekarang

1. Android 1.1 ( februari 2009 )
Fitur tampilan aplikasi, jam alarm lebih baik, sudah bias voice search, da n ada aplikasi gmail dan pemberitahuan email.

2. Android 1.5 Cupcake ( april 2009 )
Ada video player & capture, bias upload video & gambar ke internet, qwerty layar sentuh, animated screen saver.

3. Android 1.6 Donut (September 2009 )
CDMA/EVDO, intregrasi penuh kamera foto & video dengan galeri, wifi & teknologi text to speech.

4. Android 2.0/2.1 Éclair (oktober 2009)
Dukungan html 5, dukungan resolusi tinggi dan fitur contras ratio yang baik, penambahan fitur kamera(flash support, digital zoom, scene mode, color effect, macro focus).

5. Android 2.2 Froyo (20 mei 2010)
Versi ini memiliki kecepatan kinerja & aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi sebelumnya. Penambahan fitur Adobe Flash 10.1, integrasi V8 javascript engine yang dipakai google chrome.

6. Android 2.3 Gingerbread(6 desember 2010)
Adanya peningkatan kemampuan permainan (gaming), user interface nya telah didesain ulang, ada dukungan jumlah kamera lebih dari satu. Peningkatan fungsi copy paste.

7. Android 3.0 Honeycomb (februari 2011)
Khusus untuk perangkat tablet, dioptimalkan untuk perangkat dengan multi prosesor dan performa grafis game.

8. Android 4.0 ICS (Ice Cream (10 MEI 2011)
Penambahan fitur dari android honeycomb seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah,adanya jaringan data pemantau penggunaan & control bias mencari email secara offline. Ponsel pertama yang menggunakan system operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

9. Android 4.1 /4.2/4.3 Jelly Bean (24 juli 2013)
Versi ini dapat mengetahui informasi cuaca, lalu lintas atau hasil dari pertandingan olahraga. Sistem operasi ini pertama ali diigunakan dalam produk tablet Asus yakni google Nexus 7.

10. Android 4.4 KitKat
Versi ini ada pembaharuan antarmuka dengan bar status & navigasi transparan pada layar depan, optimasi kerja dengan spesifikasi perangkat kerja lebih rendah, penigkatan suara audio, tampilan mode layar penuh.


Keunggulan dari Android : 
Harga Terjangkau – hanya dengan 500 ribu saja kita sudah bisa mendapatkan HP atau tab Android yang bisa diinstal dengan berbagai aplikasi. 

User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone. 

Tampilan cukup menarik – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya. 

Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android. 

Banyaknya Pilihan Aplikasi – Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google. 

Dan masih banyak lagi kelebihan dan fitur yang dimiliki Android, dan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan keinginan anda, karena Sistem operasi ini Open Source dan User Friendly


Kelemahan dari Android : 
Seringnya Update System – Karena begitu banyaknya aplikasi yang juga mengalami perkembangan maka kita juga harus mengupdate atau meng update aplikasi yang ada di perangkat kita. Untuk melakukan update system tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini sangat tidak menyenangkan. 

Batterai Cepat Habis – Ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan berlebihan maka sumber dayanyapun akan cepat terkuras, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda. 

Kasus Lemot atau Lag – Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya. 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Android nyatanya perangkat yang menggunakan OS Android makin diminati masyarakat. Bila dibandingkan dengan OS yang lain misalnya yang memaki OS Apple maka kebanyakan masyarakat awam memilih Android.

No comments:

Post a Comment