Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar : Keadaan yang mengiringi kegiatan belajar jelas mempunyai andil bagi proses dan tujuan yang akan dicapai, maka hal itu disebut dengan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Berhasil tidaknya seseorang dalam belajar tergantung pada banyak faktor, antara lain; faktor kesehatan, keadaan inteligensi dan bakat, keadaan minat dan motivasi, cara belajar siswa, keadaan keluarga dan sebagainya. Pendapat Wasliman, hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik factor internal maupun eksternal.

a. Faktor-faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri siswa, yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Secara umum faktor internal dibagi dua yaitu faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Pada faktor jasmaniah meliputi : faktor kesehatan, cacat tubuh; sedangkan pada faktor psikologis meliputi faktor intelegensi, perhatian, minat dan bakat. Jadi pada dasarnya faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang bersumber pada dirinya, baik itu yang meliputi pada jasmani siswa maupun psikologis siswa itu sendiri.

b. Faktor-faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar siswa, faktor yang datang dari luar diri siswa meliputi faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.

1. Keluarga
Keadaan keluarga akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Keluarga yang morat-marit keadaan ekonominya, pertengkaran suami istri, perhatian orangtua yang kurang terhadap anaknya, serta kebiasaan sehari-hari berprilaku yang kurang baik dari orang tuanya, sehingga siswa yang belajar akan menerima pengaruh terhadap keluarga.
 
2. Sekolah
Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar ini mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi antara guru dan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, alat-alat mengajar (sarana dan prasarana), standar pelajaran, keadaan gedung sekolah, metode belajar, tugas rumah serta lingkungan sosial siswa.

3. Masyarakat
Lingkungan masyarakat adalah lingkungan seorang anak yang di luar dari lingkungan keluarga dan sekolah. Faktor masyarakat yang mempengaruhi belajar ini mencakup tentang teman bermain dan kondisi lingkungan sekitar masyarakat yang dapat menunjang pengetahuan atau yang tidak dapat menunjang pengetahuan pada anak.

Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar siswa merupakan hasil dari proses yang didalamnya terlibat berbagai faktor yang akan mempengaruhinya, artinya tinggi atau rendahnya hasil belajar seseorang itu tergantung pada faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor tersebut bisa terjadi baik itu pada diri sendiri (induvidu) maupun dari luar dirinya.

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And making money online using it is as easy as 1, 2, 3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products the system will push
    STEP 2. Add some PUSH button traffic (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Are you ready??

    Check it out here

    ReplyDelete