Mencegah Infeksi Nosokomial

WHO (2008) menyatakan bahwa pencegahan infeksi nosokomial dilakukan dengan menerapkan prosedur kewaspadaan standar terhadap semua petugas rumah sakit meliputi :

a. Kebersihan tangan five moment
Penyebaran infeksi nosokomial dari tangan dapat diminimalkan dengan cara mencuci tangan dengan tepat. Kegiatan cuci tangan ini Menurut WHO ada 5 momen mencuci tangan adalah sebagai berikut

1) Sebelum kontak langsung dengan klien Mencuci tangan sebelum menyentuh pasien ketika mendekati pasien dalam situasi seperti berjabat tangan, membantu pasien bergeser ataupun berpindah posisi, dan pemeriksaan klinis.

2) Sebelum melakukan tindakan aseptik/invasive Mencuci tangan segera sebelum tindakan aseptik dalam situasi seperti perawatan gigi dan mulut, aspirasi sekresi, pembalutan dan perawatan luka, insersi kateter, mempersiapkan makanan, dan pemberian obat.

3) Sesudah kontak dengan cairan tubuh/benda yang terkontaminasi Mencuci tangan segera setelah terpapar dengan cairan tubuh pasien yang beresiko tinggi atau setelah melepaskan sarung tangan dalam situasi seperti perawatan gigi dan mulut, aspirasi sekresi, pengambilan dan memeriksa darah, membersihkan urin, feses, dan penanganan limbah.

4) Setelah kontak dengan klien Mencuci tangan setelah menyentuh pasien dan lingkungan sekitarnya dan ketika meninggalkan pasien dalam situasi seperti berjabat tangan, membantu pasien merubah posisi dan pemeriksaan klinik.

5) Setelah bersentuhan dengan lingkungan sekitar klien Mencuci tangan setelah menyentuh benda atau peralatan pasien di lingkungan sekitarnya dan ketika meninggalkan ruangan pasien bahkan bila tidak menyentuh pasien dalam situasi mengganti linen tempat tidur pasien dan penyetelan kecepatan perfusi.

b. Alat pelindung diri
Selain membersihkan tangan, yang harus selalu dilakukan petugas kesehatan adalah mengenakan alat pelindung diri sesuai dengan prosedur yang mereka lakukan dan tingkat kontak dengan pasien yang diperlukan untuk menghindari kontak dengan darah dan cairan tubuh. Alat pelindung diri terdiri atas sarung tangan, gaun pelindung, pelindung mata dan masker bedah. Peralatan tambahan seperti penutup kepala, sepatu bot tidak dianggap sebagai alat pelindung diri, tetapi dapat digunakan demi kenyamanan petugas kesehatan.

1) Sarung tangan

Sarung tangan merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk mencegah kontak langsung petugas kesehatan dengan darah atau cairan tubuh pasien yang terinfeksi. Setelah sarung tangan dilepas perawat atau petugas harus kembali mencuci tangan.

2) Gaun pelindung

Gaun pelindung digunakan sebagai pelindung untuk mencegah agar pakaian petugas kesehatan tidak terkena darah atau cairan tubuh lainnya. Gaun pelindung yang dapat digunakan kembali harus dicuci setelah digunakan.

3) Masker, Pelindung mata dan pelindung wajah 

Masker, kacamata pelindung dan pelindung wajah merupakan alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi mukosa mata, hidung, atau mulut petugas kesehatan dari risiko kontak dengan sekret pernapasan atau percikan darah, cairan tubuh, sekresi, ataupun ekskresi pasien. Pelindung wajah melindungi mulut, hidung, dan mata dan dapat digunakan sebagai pengganti masker dan peralatan pelindung mata.

Petugas kesehatan tidak boleh menyentuh bagian depan masker atau alat pelindung mata saat membuka peralatan ini dan harus membersihkan tangan setelah membuka peralatan ini.

c. Pencegahan luka tusukan jarum atau benda tajam lainnya

Pencegahan luka tusukan jarum atau benda tajam lainnya merupakan bagian dari kewaspadaan standar. Pencegahan luka tusukan jarum atau benda tajam lainnya merupakan faktor penting untuk mengurangi dan menghilangkan penularan patogen yang terbawa dari darah pasien yang terinfeksi ke petugas kesehatan, pasien lain dan orang lain melalui luka akibat benda tajam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah transmisi infeksi antara pasien dengan alat injeksi:

1) Kurangi injeksi yang kurang dibutuhkan

2) Gunakan jarum yang steril

3) Gunakan jarum yang sekali pakai

4) Cegah adanya kontaminasi terhadap obat-obatan pada jarum yang akan dipakai kembali

5) Tutup kembali jarum yang sudah dipakai

6) Buang suntikan, jarum suntik, pisau bedah atau benda tajam lainnya pada wadah yang tahan tusukan

d. Pengelolaan linen dan limbah

Prinsip umumnya adalah semua linen yang sudah digunakan dan limbah harus dimasukkan ke dalam kantong atau wadah yang tidak rusak saat diangkut. Semua bahan padat pada linen yang kotor harus dihilangkan dan dibilas dengan air. Linen yang sudah digunakan harus dibawa dengan hati-hati untuk mencegah kontaminasi permukaan lingkungan atau orang-orang di sekitarnya. Linen yang sudah digunakan harus dicuci sesuai dengan prosedur pencucian biasa. Sedangkan pada limbah, limbah harus diklasifikasikan, dibawa, dan dibuang sesuai dengan peraturan dan kebijakan setempat. Klasifikasi limbah sangat penting untuk memastikan limbah dibawa dengan benar dan dibuang ke saluran yang sesuai. Petugas kesehatan harus menghindari aerosolisasi saat mambawa dan membuang limbah. Ini sangat penting pada limbah feses. Petugas harus mengenakan sarung

tangan sekali pakai saat membawa limbah dan membersihkan tangan setelah melepas sarung tangan. 

Cara penularan Infeksi Nosokomial 
Menurut WHO macam-macam penularan infeksi nosokomial bisa berupa: 

1) Infeksi silang (Cross Infection), yaitu infeksi yang disebabkan oleh kuman yang didapat dari orang atau penderita lain di rumah sakit secara langsung atau tidak langsung. 

2) Infeksi sendiri (Self infection, Auto infection), yaitu infeksi yang disebabkan oleh kuman dari penderita itu sendiri berpindah tempat dari satu jaringan kejaringan lain 

3) Infeksi lingkungan (Enverenmental infection), yaitu infeksi yang disebabkan oleh kuman yang berasal dari benda atau bahan yang tidak bernyawa yang berada di lingkungan rumah sakit, misalnya lingkungan yang lembab dan lain-lain.

Jenis-jenis infeksi nosokomial

Ada beberapa Jenis-jenis infeksi nosocomial, diantanya adalah sebagai berikut :

1. Infeksi luka operasi (ILO)
Risiko timbulnya ILO ditentukan oleh tiga faktor yakni jumlah dan jenis kontaminasi mikroba pada luka, keadaan luka pada akhir operasi (ditentukan oleh teknik pembedahan dan proses penyakit yang dihadapi selama operasi), dan kerentanan pejamu.

2. Infeksi saluran kemih
Infeksi ini berkaitan dengan pemakaian kateter indweling dan sistem drainase kemih atau prosedur atau peralatan urologis lainnya. Kateter indweling membentuk suatu mekanisme yang memungkinkan bakteri masuk kedalam kandung kemih. Lama kateterisasi merupakan variabel penting dalam menentukan apakah seorang pasien terkena infeksi. Sedangkan pada sistem drainase yang tertutup akan menurunkan risiko infeksi saluran kemih.

3. Infeksi aliran darah (Bloodstream infections)
Infeksi ini berkaitan dengan pemasangan selang intravascular (infus). Lama pemasangan selang intravaskular merupakan penentu utama kolonisasi bakteri. Semakin lama selang terpasang, semakin tinggi pula risiko infeksi.

No comments:

Post a Comment